Sabtu, 28 Maret 2015

E-Marketing

E-Marketing
BerJualan di dunia maya memang  sudah bukan hal asing lagi dijaman moderent ini, apalagi untuk membelinya, hal ini bisa dilakukan siapa saja, dimana saja dan kapan saja.
Internet Marketing sangat berhubungan erat dengan Bisnis Online atau tentang bagaimana menghasilkan uang dari internet. Keduanya saling berkaitan satu sama lain walaupun Internet Marketing lebih mengarah banyak ke dunia pemasaran online. Apa hanya jualan online saja untuk menghasilkan uang dari internet? Salah besar, disamping jualan atau menawarkan sebuah jasa di internet, banyak sekali metode yang bisa digunakan untuk mencari uang di internet, karena dunia Internet Marketing bukan hanya transaksi jual beli di internet saja, tetapi hal yang dapat kita lakukan untuk mencari uang di internet yang masih berkaitan dengan dunia pemasaran online.
Pengertian E-Marketing
Dalam E-Business terdapat E-Marketing dimana E-marketing juga berperan dalam penyusunan sistem E-business. Berikut ini adalah beberapa definisi E-Marketing :
ü  E-Marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain. Menurut Boone dan Kurtz (2005)
ü  E-Marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan haga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi. Strauss dan Frost (2001)
ü  E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.
Pada E-marketing juga terdapat beberapa tahapan dimana tahap-tahapan tersebut berpengaruh pada pembentukan e-marketing. yaitu :
  1. Situation Analysis (Analisis Situasi).
  2. E-marketing Strategic Planning (Strategi Perencanaan E-marketing).
  3. Objectives (Tujuan)
  4. E-marketing Strategy (Strategi E-marketing)
  5. Implementation Plan (Rencana Pelaksanaan).
  6. Identification Plan(identifikasi).
  7. Evaluation Plan (Rencana Evaluasi).

Dalam pelaksanaan dan pengaplikasisan E-marketing perlu digunakan alat yang berbasis TI untuk menunjang E-maketing yang akan dijalankan ,contoh-contoh alat berbasis TI tersebut sebagai berikut :
a.    Interactive Digital Television
Interactive Digital Television adalah sebuah media baru dengan format televisi tetapi dapat dinikmati melalui adanya saluran layanan sambungan internet di rumah sehingga audiences dapat memilih sendiri acara apa yang ingin ditonton. Banyak orang berkata bahwa IDTV ini sudah ada sejak adanya games anak-anak yang melibatkan penonton itu sendiri. Penonton dibawa untuk mandiri dengan memilih acara, program yang ingin dilihat sampai iklan dengan barang yang ingin dibeli. Hal ini, tentunya, membuat marketer semakin memahami keinginan target market.
b.    Digital Radio
Ada 2 jenis radio digital, yaitu Digital Audio Broadcasting (DAB) dan Web radio. Digital Audio Broadcasting (DAB), sama seperti radio konvensional, hanya saja display yang digunakan untuk mencari saluran adalah sebuah liquid crystal display yang besar. Sedangkan web radio adalah radio yang didengarkan melalui streaming di internet serta mengunakan beberapa plug-ins seperti real media atau windows media player.
c.     Mobile (or wireless) Devices.
Teknologi berbasis mobile devices adalah teknologi yang baru. Berawal dari telepon genggam, text messaging atau SMS (short message service) mulai menjadi fenomena. Setelah itu, banyak fasilitas lain yang ditawarkan oleh telepon genggam (seperti WAP di GSM, I-mode di Jepang, GPRS dan EDGE sampai pada 3G dan juga UMTS yang berbasis wireless network. Selain itu ada juga teknologi bluetooth yang berguna untuk viralcommunication, community activities dan juga location-based services. Ada juga BlueJacking, Voice Portaldan Unified Messaging System. Dengan kemajuan mobile device yang begitu cepat dan selalu terupdate tiap periodnya sehingga sekarang orang dapat mengakses internet dimana saja dan kapan saja melalui handphone,smartphone dan gadget yang mereka miliki.

Dengan metode SOSTAC  dapat diterapkan pada E-marketing :
  • Situation analysis
Pada tahap ini, perusahaan mengumpulkan semua informasi yang dibutuhkan untuk melakukan perencanaan e-marketing dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) terhadap customer atau lingkungan sekitar perusahaan.
  • Objectivities
Setelah perusahaan telah mengetahui posisinya, ia akan mulai menentukan tujuan / sasaran e-marketingnya. Karena ini akan menentukan besar tidaknya kemungkinan mendapat customer yang banyak dan agar dapat men-spesifikasikan sasaran e-marketingnya agar cakupan tidak terlalu luas dan dapat menghemat biaya pengiklanan.

  • Strategy formulation
Setelah sasaran ditentukan, perusahaan akan langsung menyusun strategi untuk dapat memenuhi sasaran tersebut. Agar dapat dengan jelas pelaksanaannya dan agar dapat terorganisir jalannya e-marketing yang akan dijalankan.
  • Tactics
Strategi tanpa taktik jitu seperti masakan tanpa garam. Jadi perusahaan selain dituntut untuk merumuskan strategi e-marketing, perusahaan juga dituntut untuk dapat merumuskan taktik jitu untuk memaksimalkan kinerja strategi e-marketing. Taktik akan sangat membantu strategi jika benar-benar dipikirkan secara matang dan baik-baik. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan untuk adanya kecurangan dalam e-marketing.
  • Action
Setelah strategi dan taktik di susun. Saatnya merancang rancangan kinerja yang akan dilakukan. Apa-apa saja yang akan dilakukan. Urut-urutan untuk menjalankan e-marketing tersebut. Mulai dari awal hingga tercapainya iklan ke customer.
  • f. Control
Perusahaan pasti tidak bisa begitu saja meninggalkan pemasarannya walaupun itu sudah berjalan. Ia pasti akan memonitor bahkan melakukan survei apakah e-marketing yang ia jalankan berjalan dengan baik dan memenuhi sasaran atau tidak. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Perusahaan pasti akan mengevaluasi dan memperbaiki kesalahannya tersebut agar dapat berjalan sesuai dengan yang ia kehendaki. Inilah yang dimaksud control.

Keuntungan
Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:
  1. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
  2. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
  3. Transaksi bisnis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah. E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.
  4. Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
  5. Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
  6. Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
  7. Dapat mengawasi pesaing
  8. Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen
  9. Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.

macam dan jenis Internet Marketing /  Bisnis online.

1. Affiliate (Afiliasi)
Pengertian Affiliate/Afiliasi adalah suatu progam yang disediakan oleh penyedia produk atau jasa yang jika seseorang melakukan pembelian atas nama anda, anda akan mendapatkan komisi dengan nominal sesuai dengan masing masing kebijakan penyedia produk.
Bagaimana Cara Kerja Progam Affliate?

Misalnya jika anda telah mendaftarkan diri anda di website penjualan atau jasa yang menyediakan progam affiliate, anda akan diberi sebuah link penjualan produk atau sebuah Banner yang bisa anda tempelkan di website anda jika anda memiliki sebuah website atau blog. dan jika terjadi pembelian melalui link anda, anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Progam ini termasuk PPS (Pay Per Sale) atau dibayar per penjualan.



2. Reseller/ Dropshipping

Pengertian Dropshipping adalah sebuah sistem pemasaran dimana anda hanya bermodalkan foto atau gambar sebuah produk di website penyedia produk untuk anda tawarkan kembali ke berbagai Social Media atau web/blog yang anda miliki. Lalu darimana kita mendapat keuntungan ? keuntungan dari sistem ini berbeda dengan progam Affiliate(Afiliasi) , jika afiliasi anda dibayar perpenjualan oleh penyedia produk dengan komisi sesuai kebijakan sebelumnya, Dropshipper tidak, karena keuntungan yang anda dapat ialah keuntungan dari selisih harga asli pada produk yang anda tawarkan, terserah anda karena barang dikirim bukan atas nama supplier produk tetapi atasnama anda. Jadi, disini anda menjadi seorang reseller atau menjual produk kembali tetapi tidak perlu stock barang, dan sibuk melakukan pengiriman barang hanya bermodalkan catalog contoh produk saja. Tetapi system ini juga memiliki juga memiliki kekurangan, simak juga
Bagaimana Cara Kerja Sistem Dropshipping ?

Cara kerja sistem ini sangatlah mudah anda hanya perlu menyebarkan foto katalog produk sesuai partner atau supplier anda dengan memasang harga lebih tinggi daripada harga asli yang mana selisih harga itulah keuntungan yang anda dapat. Jika ada yang memesan dan melakukan pembayaran beserta ongkir, anda tinggal meneruskan saja data pemesan ke supplier anda, setelah anda melakukan pembayaran ke supplier, barang akan dikirim ke customer anda atasnama anda. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini

3. Publisher Adsvertisement (Penayang iklan)

Pengertian Publisher Ads adalah suatu partner yang menerima penyangan iklan bagi siapa saja yang ingin mengiklankan produknya di Website/ Blog yang dimiliki partner tersebut. Disini anda diharuskan untuk mempunyai Website/ Blog untuk menayangkan iklan seseorang jika anda menerima kerja sama dengan pengiklan. Tidak cukup itu, karena iklan akan telihat sia sia jika website yang anda miliki mempunyai pengunjung sedikit. Jadi konten yang bekualitas dan pengunjung website yang banyak akan menjadi nilai tambah dimata investor.

Progam yang sangat digemari dan yang paling fenomenal sa’at ini adalah  Google Adsense, dimana seseorang yang sudah mendaftarkan Website/ Blognya pada progam ini dan diterima oleh Google Adsense, akan diberikan sebuah script iklan untuk ditempelkan di Website yang anda punya.
4. Menjual Produk Sendiri
Memang ini adalah cara mutlak bagaimana menghasilkan uang dari internet, yaitu berjualan produk anda sendiri di internet. Semakin lama semakin banyak yang terjun dalam pemasaran online dan hal ini membuat semakin detik semakin banyak saingan dalam pemasaran di internet. Banyak sekali cara memasarkan produk di internet yang bisa anda lakukan. Tetapi jika terus menunda sama halnya anda memberi peluang pada saingan anda.  Jadi,  jika anda mempunyai sebuah produk sudah sa’atnya kini go online! 


sumber:

0 komentar:

Posting Komentar